Follow by Email choinisahsenyumdansemangati.blogspot.com

Kamis, 23 Mei 2013

kontribusi media terhadap proses pembelajaran

kontribusi media dalam proses pembelajaran



BAB  1
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Proses Pembelajaran pada hakekatnya adalah proses komunikasi. Pengalaman menunjukkan bahwa dalam komunikasi ini sering terjadi penyimpangan–penyimpangan sehingga komunikasi tersebut tidak efektif dan efisien. Penyebab penyimpangan komunikasi dalam proses pembelajaran, ketidaksiapan siswa, kurangnya minat, kegairahan siswa dan lain–lain.
Salah satu upaya untuk mengatasi hal–hal tersebut di atas ialah kontribusi media dalam proses pembelajaran. Ini disebabkan karena fungsi media dalam proses pembelajaran adalah sebagai penyaji stimulus dan untuk meningkatkan keserasian dalam penerimaan informasi. Juga dalam hal–hal tertentu media mempunyai nilai–nilai praktis yang sangat bermanfaat baik bagi siswa maupun guru. Bagi siswa media yang dipersiapkan dengan baik, didesain dan digambarkan dengan warna–warni yang serasi dapat menarik perhatian untuk berkonsentrasi pada materi yang sedang disajikan sehingga membangkitkan keinginan dan minat baru untuk belajar. Dengan media guru juga dapat mengatur kelas sehingga waktu belajar dapat dimanfaatkan dengan efisien. Manfaat yang lain adalah media dapat dirancang sedemikian rupa sehingga proses pembelajaran dapat terjadi kapan saja dan dimana saja tanpa tergantung kepada keberadaan seorang guru..

B.     Rumusan Masalah
1. Pengertian media pembelajaran?
2. Macam-macam media pembelajaran?
3. Prinsip-prinsip pemilihan media pembelajaran?
4. Kontribusi Media terhadap prose pembelajaran ?
5. Mamfaat Media dalam proses pembelajaran ?
C.    Tujuan
1.      Untuk memahami pengertian media pembelajaran
2.      Untuk mengetahui macam-macam media pembelajaran

3. Untuk mengetahui dan memahami prinsip-prinsip pemilihan media 
    pembelajaran
4. Untuk mengetahui konstribusi media terhadap proses pembelajaran
5. Memahami mamfaat Media terhadap proses pembelajaran

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

·         Pengertian media Pembelajaran
Menurut Hamalik menyatakan bahwa media pendidikan atau media pembelajaran adalah alat, metode dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran disekolah. (Hamalik. Media Pendidikan. Bandung : Sinar Baru. 1994. Hlm 12), dan Menurut Danim menyatakan bahwa media atau pendidikan media pembelajaran merupakan seperangkat alat bantu atau pelengkap yang digunakan oleh guru atau pendidik dalam rangka berkomunikasi dengan siswa dengan peserta didik. (Sudarman, Danim. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara,. 1995. Hlm 97), sedangkan Menurut Wildbur schraman menyebutkan bahwa media adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan instruksional. Serta menurut Lislie. J. Briggs menjelaskan bahwa media adalah sarana fisik untuk menyampaikan materi atau isi pengajaran, seperti buku, film, slide dan lain-lain. (Soetomo. Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya : Usaha Nasional. 1993. Hlm 197)
·         Macam Macam Media Pembelajaran
1.        Media Nonelektronik
  Media Cetak
Media cetak adalah media yang dibuat atau dituangkan dalam bentuk tulisan, gambar-gambar, dan lain lain. Media cetak pada dasarnya hanya menampilkan simbol-simbol tertentu yaitu huruf (simbol bunyi) (Ali, 1984).

2.        Media Elektronik
 Media elektronik adalah sebuah media yang menyampaikan sesuatu, yang 
berbentuk elektronik.
·         Prinsip prinsip pemilihan media pembelajaran
Prinsip pemilihan media pembelajaran menurut Harjanto (1997 : 238) yaitu:
1. Tujuan,
2. Keterpaduan (validitas),
3. Keadaan peserta didik,
4. Ketersediaan,
5. Mutu teknis,
6. Biaya.
·         Mamfaat media dalam proses pembelajaran
Manfaat media dalam proses pembelajaran secara umum adalah memperlancar proses interaksi antara guru dan siswa untuk membantu siswa belajar secara optimal. Lebih khusus manfaat media diidentifikasikan oleh Kemp dan Dayton (1985) sebagai berikut :
1.         Penyampaian materi dapat diseragamkan
2.         Proses instruksional menjadi lebih menarik
3.         Proses belajar siswa menjadi lebih interaktif
4.         Jumlah waktu belajar-mengajar dapat dikurangi
5.         Kualitas belajar siswa dapat ditingkatkan
6.         Proses belajar dapat terjadi dimana saja dan kapan saja
7.         Sikap positif siswa terhadap meteri belajar maupun tehadap proses 
            belajar itu sendiri dapat ditingkatkan
8.         Peran guru dapat berubah ke arah yang lebih positif dan produktif.




BAB 111
PEMBAHASAN
A. Pengertian Media Pembelajaran
Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pembelajaran  sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran / pelatihan.
Pengertian media pembelajaran menurut para ahli, yaitu
·         Hamalik menyatakan bahwa media pendidikan atau media pembelajaran adalah alat, metode dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran disekolah. (Hamalik. Media Pendidikan. Bandung : Sinar Baru. 1994. Hlm 12)
·         Danim menyatakan bahwa media atau pendidikan media pembelajaran merupakan seperangkat alat bantu atau pelengkap yang digunakan oleh guru atau pendidik dalam rangka berkomunikasi dengan siswa dengan peserta didik. (Sudarman, Danim. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara,. 1995. Hlm 97)
·         Wildbur schraman menyebutkan bahwa media adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan instruksional.
·         Lislie. J. Briggs menjelaskan bahwa media adalah sarana fisik untuk menyampaikan materi atau isi pengajaran, seperti buku, film, slide dan lain-lain. (Soetomo. Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya : Usaha Nasional. 1993. Hlm 197)
·         Heinich dkk mengatakan bahwa medium sebagai perantara mengantarkan informasi antara sumber dan penerima pesan. (Azhar Arsyad. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja grafindo Persada. 2002. Hlm 4)
Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa Media pembelajaran merupakan bahan atau alat yang digunakan oleh seorang pengajar untuk membantu proses penyampaian pesan dan informasi, kepada para peserta didik supaya proses pembelajaran berlangsung dengan lebih baik, karena akan terjadi stimulus dan respon dalam proses belajar mengajar.

B. Macam-Macam Media Pembelajaran
Pada proses pembelajaran ada banyak media yang bias di gunakan oleh pengajar, seorang guru dapat memilih apa media pembelajaran yang dapat digunakan dan bagaimana pemilihan cara penerapan media tersebut supaya lebih efektif. Dan Macam-macam media yang dapat digunakan adalah :
1.    Media Nonelektronik
a.    Media Cetak
            Media cetak adalah media yang dibuat atau dituangkan dalam bentuk tulisan, gambar-gambar, dan lain lain. Media cetak pada dasarnya hanya menampilkan simbol-simbol tertentu yaitu huruf (simbol bunyi) (Ali, 1984). Dari macam-macam media cetakan tersebut di atas, Contoh media cetak seperti buku, majalah, koran, dll
a.       Buku adalah merupakan sarana yang penting bagi berlangsungnya proses belajar mengajar. Karena pada hakekatnya penggunaan media buku dalam proses belajar mengajar adalah bertujuan untuk mempermudah siswa belajar (Purwodarminto,1986).
b.      Majalah
          Majalah merupakan sarana untuk menggugah minat siswa terhadap suatu masalah pada masa lampau atau masa sekarang. Majalah ini memuat aneka peristiwa baik tentang pengembangan di bidang pendidikan, juga memuat tentang artikel-artikel mengenai peristiwa sejarah pada masal lampau. Hal ini merupakan bahan penunjang bagi siswa dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.


c.       Koran
          Sedangkan Koran juga merupakan sarana penunjang mata pelajaran seja
rah,karena surat kabar merupakan suatu cara untuk menambah pengetahuan bagi siswa.

          Media cetak memiliki beberapa kelebihan diantaranya:
1)      Siswa dapat belajar sesuai dengan kemampuan masing-masing.
2)      Siswa dapat mempelajari materi dalam media cetak secara berulang-ulang.
3)      Dapat dicetak ulang atau direvis sesuia dengan garis besar program pembelajaran 
         yang baru.
         Kekurangannya antara lain:
1)      Tidak dapat menyajikan gerak dalam media cetak
2)      Uraian yang terlalu panjang dalam setiap pokok bahasan dapat membosankan para
         pembacanya
3)      Pembahasannya lebih mengarah pada kognitif
b.    Media Peraga dan Eksperimen
               Media peraga dapat berupa alat-alat asli atau tiruan, dan biasanya berada di laboratorium.Media ini biasanya berbentuk model dan hanya digunakan untuk menunjukkan bagian-bagian dari alat yang asli dan prinsip kerja dari alat asli tersebut. Di samping media peraga terdapat pula media eksperimen yang berupa alat-alat asli yang  biasanya digunakan untuk kegiatan praktikum.



2.  Media Elektronik
     Media elektronik adalah sebuah media yang menyampaikan sesuatu, yang berbentuk elektronik. Contoh media elektronik adalah
a.      Overhead Projector (OHP)
          OHP merupakan suatu alat yang dapat digunakan untuk memproyeksikan objek melalui bahan transparan dengan bening ke suatu permukaan layar atau dinding.
b.      Program Slide Instruksional
          Bentuk slide berhubungan dengan fil fotografi yang memiliki format kecil dan dikenal sebagai film positif. Untuk penayangan satu buah slide dibutuhkan satu kali proyeksi. Ukuran film slide yang standar adalah 35 mm, tetapi untuk ukuran slide yang dibingkai artinya slide yang sudah siap ditayangkan yang standar adalah 5 cm x 5 cm. Hal ini diukur dari dimensi luar.
c.       Program Film Strip
          Film strip adalah satu rol positif 35 mm yang berisi sederetan gambar yang saling berhubungan dengan sekali proyeksi untuk satu gabar. Berdasarkan lebar frame, film strip dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu film strip tunggal dan film strip double.\
d.      Film
          Film merupakan gambar hidup yang diambil dengan mengguanakan kamera film dan ditampilkan melalui proyektor film.Dibandingkan dengan film strip, film bergerk dengan cepat sehingga tampilannya kontinu atau ajeg. Objek yang ditampilkan akan lebih alamiah, artinya sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Terlebih lagi film yang diunakan adalah film berwarna.Pada umumnya film digunakan untuk menyajikan hiburan.Tetapi, dalam perkembangannya film dapat menyajikan informasi lain, khususnya informasi yang berkaitan dengan konsep pembelajaran keterampilan dan sikap.
          Kelebihan fim antara lain dapat menggantikan alam sekitar, menyajikan objek yang tidak dapat dilihat, menggambarkan suatu proses secara tepat, menanamkan sikap, dapat diulang, dapat memperpendek waktu tampilan, dan sebagainya.
e.       Video Compact Disk
          VCD memiliki fungsi yang sama dengan LCD maupun Video Cassette.          Untuk menayangkan program VCD instruksional dibutuhkan beberapa perlengkapan, seperti kabel penghubung video dan audio, remote control, dan kabel penghubung RF dan TV.
f.       TV Instruksional
          Berdasarkan kegunaannya, program pembelajaran melalui televisi dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu berfungsi sebagai media pelengkap dan sebagai media pengayaan.
g.      Internet
          Media ini memberikan perubahan yang besar pada cara orang berinteraksi, bereksperimen, dan berkomunikasi. Berdasarkan karakteristik tersebu, internet sangat cocok untuk kelas jarak jauh, dimana siswa dan guru masing-masing berada di tempat berbeda, tetapi tetap dapat berkomunikasi dan berinteraksi seperti layaknya di kelas.
Secara umum, media pembelajaran dapat diklasifikasikan menjadi beberapa kalsifikasi jika dilihat dari masing-masing segi, diantaranya sebagai berikut.
a.       Dilihat dari sifatnya, media dapat dibagi menjadi:
1)      Media auditif, yaitu media yang hanya dapat didengar saja, atau media yang hanya 
         memiliki insur suara, seperti radio dan rekaman suara.
2)      Media visual, yaitu media yang hanya daoat dilihat saja, tidak mengandung,
         unsure suara. Media visual termasuk media grtafis, yang berfungsi untuk 
         menyalurkan pesan dan sumber ke penerima pesan. Pengertian media visual 
          adalah :“gambar yang secara keseluruhan dari sesuatu yang dijelaskan ke dalam 
         suatu bentuk yang dapat divisualisasikan (Suparto, 1982).
3)      Media audiovisual. Yaitu media yang selain dapat mengandung unsur suara juga
         mengandung unsure gambar yang bias dilihat, misalnya rekaman video, film, slide        
         suara, dan lain sebagainya.
b.      Dilihat dari kemampuan jangkauannya, media dibagi menjadi:
1)      Media yang memiliki daya input yang luas dan serentak seperti radio dann
         televise. Melalui media ini siswa dapat mempelajari hal-hal atau kejadian-kejadian 
         yang actual secara serentak tanpa harus menggunakan ruangan khusus.
2)      Media yang mempunyai daya input yang terbatas ole ruang dan waktu seperti film
         slide, film, video, dan lain-lain.
c.       Dilihat dari bahan pembuatnya, media dibagi menjadi:
1)      Media sederhana
         Media ini bahan dasarnya mudah diperoleh dan harganya murah, cara  
         pembuatannya mudah, dan penggunaannya tidak sulit.
2)      Media Kompleks
         Media ini adalah media yang bahan alat pembuatannya sulit diperoleh dan mahal
         harganya, sulit pembuatannya, dan penggunaannya memerlukan keterampilan          
         yang memadai.


C.    Prinsip-Prinsip Pemilihan Media Pembelajaran
Setiap media pembelajaran memiliki keunggulan masing – masing, maka dari itulah guru diharapkan dapat memilih media yang sesuai dengan kebutuhan atau tujuan pembelajaran. Pemilihan media yang tepat dapat didasarkan pada materi apa yang akan disampaikan, dan bagaimana kondisi siswa di dalam kelas, hal itu di harapan penggunaan media akan mempercepat dan mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran.
Ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam pemilihan media pembelajaran,  yaitu
1.      Harus ada kejelasan tentang maksud dan tujuan pemilihan media pembelajaran.
         Apakah pemilihan media itu untuk pembelajaran, untuk informasi yang bersifat umum, ataukah sekedar hiburan saja mengisi waktu kosong.
2.      Karakteristik Media Pembelajaran.
         Setiap media pembelajaran mempunyai karakteristik tertentu, baik dilihat dari keunggulannya, cara pembuatan maupun cara penggunaannya. Memahami karakteristik media pembelajaran merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki guru dalam kaitannya pemilihan media pembelajaran. Disamping itu memberikan kemungkinan pada guru untuk menggunakan berbagai media pembelajaran secara bervariasi.
3.      Alternatif  Pilihan
Alternatif Pilihan yaitu adanya sejumlah media yang dapat dibandingkan atau dikompetisikan. Dengan demikian guru bisa menentukan pilihan media pembelajaran mana yang akan dipilih, jika terdapat beberapa media yang dapat dibandingkan.


Selain prinsip diatas ada juga Prinsip pemilihan media pembelajaran menurut Harjanto (1997 : 238) yaitu:
1.   Tujuan,
2.   Keterpaduan (validitas),
3.   Keadaan peserta didik,
4.   Ketersediaan,
5.   Mutu teknis,
6.   Biaya.
D. Kontribusi Media dalam Pembelajaran
Contributions of Media to the Learning Process
It has actually taken a long time before educators began to accept and integrateinstructional media within the instructional programs. Recently, there has beenincreasing evidence results take place when carefully designed, high qualityinstructional media are used as an integral part of classroom instruction or as principalmeans of direct instruction.
The outcomes often realized are:
1) The deliver y of instruction can be more standardized.
             Each student seeing and hearing a media presentation receives more or less
             thesame message. Media serves to communicate the same information to all  
             students asthe basis for further study, practice and application.
2) The instruction can be more interesting.
    The attention-getting factor associated with instructional media keeps learners    
    alertduring the learning process.
3) Learning becomes more interactive through applying accepted learningtheory.
    Media design can see to it that the subject content can be organized and
    presented ina manner that represents good instruction. Attention is also given to
    psychologicalprinciples which can enhance learner participation, feedback and
    reinforcement.
4) The length of time required for instruction can be reduced.
    Most media presentation requires a short time to transmit their message
    whilecommunicating large amount of information which can be more easily
    absorbed by thelearner.
5) The quality of learning can be improved.
    Through careful integration of pictures and words, instructional media
    cancommunicate elements of knowledge in a well-organized, specific, and
    clearly definedmanner. Learning reaches and acceptable competency level
    resulting from suitablestudy effort on the part of the student and appropriate    
    follow-up activities.
6) The instruction can be provided when and where desired or necessary.
    structional media may be designed for individual use. In this manner, a student canstudy at a time and place that is personally convenient.
7) The positive attitude of students toward what they are learning and to thelearning process itself can be enhanced.
   Students generally prefer the use of media as a means of studying. This is dueto the motivational aspect and the contribution that media can make to a person’seffective learning.
8) The role of the instruction can be appreciably changed in positivedirections.
    The use of media is also advantageous for instructor:
    a) Much of the burden for repeated explanation of content and
    b)By not having to present as much information verbally, other possible more  
       important aspects of a subject can be givenattention.
    c)The instructor can increase the opportunity for him to fulfill therole of being a
       consultant and advisor to students.




E.Mamfaat Media Pembelajaran
Media pembelajaran sebagai alat yang digunakan dalam proses pembelajaran, pasti memiliki mamfaat yang besar dalam pembelajaran, baik untuk guru maupun untuk peserta didik .Mamfaat media bagi guru seperti mempermudah guru untuk menyampaikan pembelajaran, pelajaran yang tidak efektif disampaikan secara verbal dapat dibantu dengan media alat peraga dan lain lain.
Manfaat media dalam proses pembelajaran secara umum adalah memperlancar proses interaksi antara guru dan siswa untuk membantu siswa belajar secara optimal. Lebih khusus manfaat media diidentifikasikan oleh Kemp dan Dayton (1985) sebagai berikut :
§  Penyampaian materi dapat diseragamkan
§  Proses instruksional menjadi lebih menarik
§  Proses belajar siswa menjadi lebih interaktif
§  Jumlah waktu belajar-mengajar dapat dikurangi
§  Kualitas belajar siswa dapat ditingkatkan
§  Proses belajar dapat terjadi dimana saja dan kapan saja
§  Sikap positif siswa terhadap meteri belajar maupun tehadap proses  
            Belajar itu sendiri dapat ditingkatkan
§  Peran guru dapat berubah ke arah yang lebih positif dan produktif.
Proses pembelajaran menjadi lebih menarik karena media dapat menyampaikan informasi yang dapat didengar (audio) dan dapat dilihat (visual) sehingga dapat mendeskripsikan suatu masalah, suatu konsep, suatu proses atau suatu prosedur yang bersifat abstrak dan tidak lengkap menjadi lengkap dan jelas. Keingintahuan dapat bangkit melalui media. Untuk menghidupkan suasana kelas, media merangsang siswa bereaksi terhadap penjelasan guru, membuat siswa ikut tertawa atau ikut sedih. Media memungkinkan siswa menyentuh objek kajian pelajaran, membantu siswa mengkongkritkan sesuatu yang abstrak dan membantu guru menghindarkan suasana monoton.

E.  Kesimpulan
Dari materi yang saya bahas diatas dapat disimpulkan bahwa, Media pembelajaran merupakan alat dan bahan yang dapat digunakan untuk menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi. Jenis media bermacam-macam dilihata dari bentuknya, sifatnya maupun penggunaanya. dan masing-masing media tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, baik itu berupa media elektronik maupun nonelektronik. Secara umum, manfaat media dalam proses pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran akan lebih efektif dan efisien.Memilih media hendaknya didasarkan atas kriteria tertentu. Secara umum, kriteria yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan media pembelajaran adalah tujuan, sasaran didik, karakteristik media yang bersangkutan, waktu, biaya, dan penggunaanya.












Daftar Pustaka
Andini  Raharja, febri.2010.Peranan  Media dan Mamfaatnya dalam Proses Pembelajaran.
         http://febriandiniraharja.blogspot.com/2010/11/peranan-media-dan-manfaatnya-
              dalam/.html.Diakses pada, 24 April 2013
Ardiansyah, asrori.2011.Macam Macam Media Pembelajaran.http://www.majalah pendi dikan
        .com/2011/05/macam-macam-media-pembelajaran.html.Diakses pada 25 April 2013

Dimayuga Rodri, Ezegiel.2008.Contribution of Media to the Learning Proses.
          http://id.scribd.com/doc/6504252/Contributions-of-Media-to-the-Learning-Process
                  10/12/2008/html.Diakses pada, 24 April 2013
Ismail.2013.Pengertian Media Pembelajaran. http://ismail403.wordpress.com /2013/
        01/ 06/pengertian-media-pembelajaran/html.Diakses pada, 22 April 2013
Kumalasari, resi.2011.Macam Macam Media Pembelajaran.http://resikumalasari-tp-
         unbara.blogspot.com/2012/11/macam-macam-media-pembelajaran.html.Diakses
                 pada, Rabu 24 April 2013.
M-Edukasi.2012.Macam Macam Media Pembelajaran.http://www.m- edukasi.web.id   
        /search/label/macam-macam%20media%20pembelajaran/.html.Diakses pada, 24 
             April 2013
Saputro, Rino.2012.Macam Macam Media Pembelajaran.http://www.siputro.com/2012/03/
        macam-macam-media-pembelajaran-part-2/.html.Diakses pada, 24 April 2013
Slideshare.2011.Contribution of Media to the Learning Process.http://www.slideshare.net/bev
      erlyxxx/contribution-of-media-to-the-learning-process/html.Diakses pada 24 April
             2013

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar